Sebelum Menggunakan Kaca Tempered, Yuk Simak Tips Penting Ini!

Tips Penting Menggunakan Kaca Tempered

Rumah impian selalu didesain dengan bentuk seapik mungkin dengan dekorasi menarik di setiap sudutnya. Ada yang mungkin suka dengan gaya modern, tradisional, yunani kuno, atau minimalis. Setiap model tentunya memiliki bagian yang penting untuk diperhatikan cara pengaplikasiannya, salah satunya pemilihan aplikasi kaca untuk bagian jendela bahkan untuk menjadi penyekat antar ruangan. Kaca tempered biasanya dipiih oleh banyak kalangan untuk bagian rumah mereka karena keunggulan kaca jenis ini yang terbilang sangat kuat seperti tahan benturan keras.

4 Tips Pengaplikasian Kaca Tempered

Jika belum mengenal kaca tempered, kamu bisa melihatnya pada pintu bagian depan rumah sakit atau pertokoan, lantai ruangan dengan alas kaca, dinding pembatas antar ruangan, atau eskalator mall. Banyak sekali orang yang memanfaatkan kaca ini karena 5x lebih kuat dari kaca biasa. Meskipun begitu, kaca ini bisa pecah dengan benturan berkali-kali dari suatu benda. Namun, pecahan kaca tersebut tidak akan berbahaya karena berupa butiran halus yang aman terkena kulit manusia. Nah, sebelum menggunakan kaca ini ada baiknya kamu ikuti 5 tips berikut ini ya.

1. Perhatikan Budget

Menggunakan kaca pada banyak bagian rumah tentu akan menambah kesan elegan, apalagi bagi kamu yang mendesain rumah dengan unsur kaca. Namun, ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan kaca pada semua bagian rumah. Karena kaca jenis tempered tembus pandang. Sebaiknya diaplikasikan pada ruangan tertentu, seperti  penyekat antar ruangan atau pintu kamar mandi pribadimu. Meskipun perawatan kaca mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya, harga kaca dan biaya pemasangan kaca ini terbilang mahal apabila diaplikasikan pada semua ruangan atau bagian dekorasi. Selain mempertimbangkan unsur elegan, kamu juga harus memperhatikan budget ya.

2. Pakailah Tukang Khusus untuk Memasang Kaca

Tips Penting Menggunakan Kaca Tempered

Kamu tidak bisa main-main dalam memilih tukang untuk memasang kaca tempered di rumahmu. Banyak sekali kegagalan yang terjadi pada pemasangan kaca ini seperti, retakan kecil yang bisa menghancurkan seluruh kaca. Mengapa demikian? Meskipun terbilang paling kuat, kaca jenis ini tidak bisa dipotong atau dibor. Untuk itu, penting bagi kamu merencanakan pemasangan kaca dengan tukang yang profesional di bidang pemasangan kaca atau berdiskusi dengan arsitek. Kamu nggak mau kan kehilangan banyak uang hanya karena kesalahan dalam pemasangan kaca?

3. Gunakan Rangka untuk Menahan Beban

Jika kamu memiliki rencana untuk menggunakan lantai kaca pada beberapa bagian ruangan seperti, tangga rumah atau pijakan dekat kolam renang, maka ada baiknya untuk memperhatikan penggunaan rangka sebagai penyangga. Biasanya dianjurkan untuk memakai rangka kisi-kisi segi empat (bujur sangkar) sebagai alas kaca. Rangka yang baik terbuat dari logam kuat, seperti besi atau stainless steel. Untuk menyambung antara rangka dan kaca juga memerlukan karet untuk meredam getaran atau gesekan langsung dengan besi. Gunakan juga anti selip karena jika terkena air, kaca menjadi licin dan bisa membahayakan.

3. Desain yang Terencana

Membangun sebuah bangunan tentu tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa perencanaan, sama halnya dengan penggunaan kaca untuk banyak bagian di rumahmu. Cobalah untuk memikirkan dengan matang untuk menggunakan kaca tempered sebagai dekorasi rumah, karena kaca jenis ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemasangannya. Kamu bisa mulai dengan menghitung budget untuk pembelian dan biaya pemasangan kaca yang bisa kamu tanyakan langsung dengan para penjual jasa pemasangan kaca.

Gimana guys, udah semakin mantap menggunakan kaca tersebut untuk rumah impianmu? Semoga tips tersebut bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *