Pemilihan Warna Yang Pas Bisa Membuat Ruangan Lebih Tepat Guna

Warna adalah unsur yang cukup penting dalam menata interior sebuah ruangan. Sebab menurut riset, warna bisa berpengaruh langsung kepada kita, atau menimbulkan efek psikologi langsung kepada manusia. Dengan demikian, pemilihan warna dalam suatu ruangan akan banyak berpengaruh terhadap siapa pun yang beraktivitas atau menghabiskan waktu di dalamnya. Unsur dekoratif yang dapat memberikan efek warna secara dominan pada ruangan biasanya dari warna cat atau wallpaper dinding ruangan tersebut.

Warna Yang Pas Bisa Membuat Ruangan Lebih Tepat Guna

Setiap Warna Punya Efek Tertentu

Tiap-tiap warna memberikan efek berbeda terhadap keadaan psikologis manusia. Oleh sebab itu, dalam pemilihan warna dinding baik menggunakan cat maupun wallpaper dinding, hendaknya kita memperhatikan fungsi ruangan tersebut. Sebab suasana hati kita saat beraktivitas di dalamnya sedikit banyak akan terpengaruh oleh warna-warni dalam ruangan tersebut.

Berikut ini adalah berbagai warna serta dampaknya bila disesuaikan dengan fungsi ruangan:

1. Warna merah muda (pink), biru dan warna-warna pastel.

Warna-warna ini mempunyai efek menenangkan sehingga akan membawa suasana yang tenang dan santai. Sangat cocok bila diterapkan pada ruangan yang ingin memberikan fungsi relaksasi. Itu sebabnya banyak kamar tidur yang menerapkan warna-warna ini sebagai warna yang dominan.

2. Warna indigo (biru dan ungu).

Kombinasi dari biru dan ungu sangat baik bila menjadi warna kamar tidur, sebab warna ini mampu membuat orang cepat mengantuk dan karenanya sangat baik untuk penderita insomnia. Menggunakan wallpaper dinding warna indigo di kamar tentu akan memberi suasana relaks dan memancing kantuk.

3. Warna putih.

Putih merupakan warna yang netral dan cocok untuk berbagai ruangan. Terutama bila ditambah dengan pencahayaan yang baik maka warna putih akan memberi efek yang baik terhadap suasana hati. Walaupun netral, warna ini biasanya paling cocok diterapkan pada dapur, karena bisa memberi energi yang tepat serta mendorong kreativitas bagi orang yang bekerja di dapur.

4. Warna kuning.

Konon warna kuning selain memberi energi juga dapat berpengaruh positif terhadap saluran usus kita. Bahkan warna kuning dipercaya dapat mengurangi sembelit, dan oleh karenanya sangat cocok bila diterapkan di kamar mandi, dapur, atau ruang makan. Selain itu, warna kuning memancing perasaan ceria, dinamis dan merangsang kreativitas. Cocok untuk ruang kerja, terutama bila dikombinasi dengan cat atau wallpaper dinding putih agar mood berdebat yang timbul dapat diredam oleh warna putih tersebut.

5. Warna oranye.

Salah satu efek warna oranye adalah dapat membuat metabolisme tubuh berfungsi normal. Dengan demikian warna ini cocok menjadi sentuhan pada ruang makan.

Dapat Digunakan Namun Hati-Hati

wallpaper dinding kamar tidur

Ada warna-warna yang memiliki rangsangan yang terlalu kuat atau bisa menimbulkan perasaan yang negatif, maka sebaiknya berhati-hati dalam menerapkannya.

1. Warna hitam.

Menggunakan warna hitam dalam penataan interior bisa dilakukan, namun memang harus diperhatikan agar tak membuat suasana hati malah menjadi tidak enak. Wallpaper dinding dengan sentuhan hitam dapat memberikan kesan elegan dan mewah, namun juga memberi kesan serius. Dengan demikian untuk kesan formal pada ruangan misalnya ruang tamu, warna ini bisa diterapkan. Hitam dapat menekan nafsu makan. Oleh karenannya, hati-hati bila menggunakannya untuk ruang makan. Hitam juga bisa menimbulkan rasa tidak aman dan rasa takut, maka lebih baik digunakan sebagai aksen daripada warna dominan.

2. Warna merah.

Merah merupakan warna yang terlalu kuat rangsangannya. Itu sebabnya wallpaper dinding warna merah dianggap tidak tepat bila digunakan pada kamar tidur, terutama kamar tidur anak-anak. Karena rangsangan yang terlalu kuat, warna merah berpotensi membuat tidur menjadi kurang nyenyak. Warna ini memberi banyak energi dan dapat memancing percakapan, sehingga cocok bila menjadi aksen pada ruangan untuk berkumpul seperti ruang keluarga atau ruang makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *