Buat Apartemenmu Nyaman dan Cantik, Pakai Tirai Model Ini Deh!

Hidup di zaman sekarang banyak sekali model hunian yang bisa dipilih. Salah satunya adalah tinggal di apartemen. Apartemen dipilih sebagai salah satu hunian yang praktis, apalagi bagi kaum urban dan mereka yang kalangan ekonomi menengah ke atas. Hidup di apartemen tidak membutuhkan tempat yang luas, tetapi fasilitas yang ada di dalamnya cukup lengkap. Tapi, meskipun ruangnya tak luas, dekorasi dan memperindah tempat tinggal adalah hal yang juga perlu diperhatikan, misalnya tirai jendela.

Untuk mereka yang tinggal di lantai atas, selain memperindah, tirai juga berfungsi sebagai penghalang cahaya matahari, serta memastikan aktivitas pemilik kamar tak terlihat oleh orang asing dari luar. Untuk itu, ada beberapa jenis yang direkomendasikan untuk kamu yang tinggal di apartemen.

Tirai yang Paling Cocok untuk Penghuni Apartemen

Tirai Jenis Roller Blind

Pakai Tirai Model Ini Buat Apartemenmu Nyaman dan Cantik

Yang pertama adalah roller blind. Mengapa jenis ini sangat cocok? Karena, ia dinilai simple dan praktis, tetapi tetap melindungi dari sinar matahari yang masuk. Seandainya mau melihat pemandangan di luar, maka tinggal angkat dan naikkan ke atas. Model roller atau yang lebih sering disebut kerai ini juga banyak sekali material pembuatnya. Ada yang dari bambu, kayu, atau mungkin perpaduan antara besi dan juga kaca. Tinggal sesuaikan saja dengan selera yang kamu mau.

Model Tirai Sheer

Selain roller blind yang enggak kalah ciamik adalah sheer. Umumnya sih, tirai model ini digunakan pada tembok apartemen dengan jendela yang full. Sheer ini bisa menutupi seluruh bagian jendela, tetapi tetap tembus cahaya, sehingga ruangan tak akan tampak gelap. Nah, model sheer ini biasanya adalah tirai putih, sehingga ia tampak elegan. Kalau kamu sering melihat unggahan apartemen para selebriti, maka kebanyakan dari mereka menggunakan tirai model sheer ini.

Model Tirai Cascades

Selanjutnya ada tirai cascades, dengan ciri utama adalah dua bagian kain tirai yang menjuntai, salah satunya pasti lebih panjang dari yang lain. Tirai cascades tak kalah elegan jika dibandingkan dengan tirai sheer. Cascades punya swag yang tak terpisah dari kain tirai utamanya. Bagian atasnya umumnya bergelombang dan berbentuk setengah lingkaran. Untuk apartemen, bisa gunakan warna putih, atau warna soft yang membuat ruangan terlihat adem dan nyaman.

Valances, Sebagai Padanan dari Tirai Cascades

Pakai Tirai Model Ini Buat Apartemenmu Nyaman dan Cantik

Sebagai pelengkap tirai sebelumnya, maka ada model tirai valances. Antara estetika dan fungsional terlihat jelas pada tirai model ini. Dengan bagian atas bergelombang atau juga meruncing, panjangnya yang berkisar 50 cm atau lebih bisa membuat daun jendela tertutup dengan sempurna. Model valances biasanya dipasangkan dengan cascades, dengan kain sama dan warna yang senada.

Scarves untuk Jendela yang Kecil

Kalau apartemenmu punya jendela dengan dua daun pintu, maka model scarves ini cocok banget. Scarves banyak dipilih karena proses pemasangannya yang mudah, tinggal dililitkan di bagian atas tirai yang sudah dipasang sebelumnya. Karena scarves ini memang sering digunakan sebagai pelengkap tirai lain, untuk menambah cantik penampilan jendela. Kain yang digunakan pun adalah kain tipis, dengan warna yang soft.

Model Tirai Draperies

Pakai Tirai Model Ini Buat Apartemenmu Nyaman dan Cantik

Model yang terakhir bisa dipakai untuk jendela apartemen ataupun kamar. Draperies ini masuk dalam tipe tirai paling dekoratif tapi tetap simple. Ia bisa dipadukan dengan kain tirai yang berat. Bisa pula menambahkan aksen tertentu, seperti aklirik pada bagian kain tirai, agar semakin menarik dan mampu menahan dingin dari luar.

Bagaimana? Sudah punya pandangan bagaimana nanti akan menghias dan mempercantik apartemenmu. Baik roller blind, scarves, draperies, cascedes, serta sheer punya kekurangan dan kelebihan masing-masing ya. Maka, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kamu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *