Berbagai Macam Fungsi Gorden pada Rumah

Macam Fungsi Gorden pada Rumah

Gorden atau yang lebih dikenal dengan tirai adalah salah satu elemen dalam ruangan yang memiliki fungsi untuk menutup jendela. Jendela tanpa tirai memang tidak lengkap rasanya dan ruangan akan terasa tidak nyaman. Apalagi jika kaca jendela yang digunakan jenisnya transparan. Aktivitas di dalam ruangan seperti kamar akan terlihat dari luar rumah.

Jenis tirai pada jendela yang digunakan pun berbagai macam. Ada yang hanya satu lapisan sampai dua lapisan tergantung dengan kebutuhan si pemilik rumah. Tapi pernahkah anda membayangkan bagaimana jika jendela di rumah tidak menggunakan tirai? Supaya paham betul mengenai penggunaan tirai pada ruangan, yuk kenali apa saja fungsi lainnya.

Macam-Macam Fungsi Gorden Selain Menutup Jendela

Macam Fungsi Gorden pada Rumah

Jika mencari penutup jendela, sebenarnya ada jenis lain yaitu blind atau yang terkenal disebut kerai. Jika tirai identik dengan kain yang cara buka tutupnya arah samping maka blind lebih bervariasi. Blind bisa dibuka secara horizontal atau vertikal tergantung dengan jenisnya. Bahan pembuat blind lebih bervariasi bukan hanya kain.

Baik itu blind dan tirai memiliki fungsi utama sebagai penutup jendela, tapi tahukah anda bahwa tirai memiliki fungsi yang lebih luas? Bahkan tidak heran juga ada banyak pilihan tirai seperti gorden minimalis atau penuh warna. Setiap pilihannya memiliki fungsi berbeda. Seperti apakah fungsi lain dari tirai? Intip di sini.

1. Menjaga privasi ruangan

Privasi ruangan akan sangat terganggu jika tidak ada tirai yang menutup jendela. Walaupun mungkin anda telah menggunakan jenis kaca gelap untuk membuat dalam ruangan tidak terlihat. Tetapi kualitas kaca jendela hitam tidak mampu menutup secara maksimal. Apalagi ketika malam hari biasanya ketika lampu dalam ruangan dinyalakan maka akan terlihat dari luar. Tirai mampu menjaga privasi ruangan kapanpun diinginkan.

2. Mengatur kuantitas cahaya

Macam Fungsi Gorden pada Rumah

Fungsi lain yang didapatkan dari tirai jendela adalah untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Cahaya matahari diperlukan untuk mengatasi kelembaban dalam ruangan. Apabila anda hendak menggunakan ruangan tapi tak ingin cahaya luar berlebih maka bisa menggunakan tirai. Caranya bisa membuka sedikit bagian tirai atau menutupnya dengan tirai jenis vitrase.

3. Memperindah ruangan

Bukan hanya menutup jendela saja, tetapi tirai juga berfungsi sebagai visualisasi menarik dalam ruangan. Sebagai elemen dekorasi, tirai bisa dipilih sesuai dengan tema atau gaya ruangan. Misalnya saja gorden minimalis yang memiliki warna netral seperti coklat atau biru tanpa banyak motif. Tirai dengan desain tersebut bisa membuat ruangan tampak lebih luas apalagi untuk rumah dengan ukuran kecil. Tak ada salahnya memperindah ruangan dengan memanfaatkan desain tirai yang menarik.

4. Menciptakan kenyamanan

Siapa sih yang tidak ingin nyaman berada di rumah sendiri? Tirai bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan ketika anda sedang tidur di kamar atau menikmati acara di ruang keluarga. Tak ada yang akan memperhatikan anda di dalam ruangan karena privasi terjaga. Anda juga bisa menciptakan ruangan yang tenang karena pilihan desain menarik. Semua kombinasi ini tentunya akan menciptakan kenyamanan dan bisa mempengaruhi perasaan.

Setelah mengenal fungsi-fungsi dari gorden ini maka anda harus segera bergegas untuk memilih desain dan ukuran yang pas. Ada begitu banyak pilihan tira dengan harga bervariasi yang dapat dipilih dengan mudah. Sangat penting bagi jendela untuk menggunakan tirai karena tanpanya hunian tidak akan terasa lengkap dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *