Selain Anti Rayap, Ini Keunggulan Lain Dari Plafon Akustik

Keunggulan Lain Dari Plafon Akustik

Selain dinding, atap, lantai, sekat dan unsur utama lainnya, konstruksi primer sebuah bangunan adalah plafon. Langit-langit atau plafon tidak hanya berfungsi sebagai pemisah antara lantai dan atap saja, namun dilihat dari sudut pandang estetika dan juga fungsional real, lapisan plafon juga memiliki fungsi lain yang tak kalah  penting. Karena itulah memilih material plafon yang baik seperti plafon akustik atau yang berbahan gypsum sangat dianjurkan.

Sebuah bangunan tanpa dilengkapi plafon akan memiliki beragam  risiko yang cukup rentan. Risiko pertama misalnya adalah tidak adanya separasi antara atap dan lantai yang dapat mengakibatka mixed-nya udara atau hawa di dalam bangunan. Pada saat kondisi panas, hawa dalam rumah akan terasa menyengat, sementara pada saat hujan atau malam hari kondisi rumah bisa menjadi sangat dingin. Ini adalah salah satu risiko rumah yang tidak memiliki plafon.

Risiko kedua misalnya adalah tidak adanya separator yang mampu menjadi shield atau tameng permukaan utama bangunan dari sesuatu yang dapat saja bersumber dari atap. Contoh sederhana dari risiko yang kedua ini adalah misalnya kotoran cicak yang biasanya banyak berjatuhan dari rangka atap. Tanpa disekat oleh plafon atau langit-langit, kotoran cicak  yang mengganggu  seperti ini dapat menjadi masalah juga, paling tidak membuat ruangan tidak dapat bersih sempurna.

Keunggulan Lain Dari Plafon Akustik

Selanjutnya risiko ketiga bagi bangunan atau rumah yang tidak dipasangi plafon adalah berkuragnya nilais estetika yang mampu meningkatkan keindahan dan karakteristik bangunan itu sendiri. Ini seperti ada  yang kurang sekaligus eksposure, dalam bahasa yang mungkin lebih ringkas, rumah tanpa dilengkapi plafon layaknya sebuah bangunan yang terlalu vulgar. Nilai seni keindahannya akan berkurang.

Sekarang pertanyaannya adalah material plafon apakah yang paling tepat untuk digunakan? Material plafon apa yang awet, tahan lama, kuat, sekaligus juga memiliki nilai estetis yang tinggi? Nah jika hal itu adalah pertanyaan anda juga, maka jawabannya yang paling recomended adalah plafon akustik. Plafon jenis ini memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut uraian lengkapnya.

Berbagai Kelebihan Plafon Akustik Sebagai Konstruksi Utama Sebuah Bangunan

Ada berbagai kelebihan yang dimiliki plafon dengan material akustik dibanding plafon dengan material lainnya. keunggulan-keunggulan tersebut antara lain adalah;

Memiliki Bobot yang Ringan

Keunggulan pertama adalah material akustik untuk plafon ini memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan bobot material plafon pada umumnya. Hal ini tentu saja menjadi sebuah keuntungan dalam proses instalasi mau pun dalam hal beban kerja rangka plafon menahannya.

Rangka Galvanis Anti Karat

Dengan menggunakan rangka galvanis yang anti karat, umur plafon yang terkait dengan risiko korosi dapat diminimalisir. Pada perkembangannya ini menjadi investasi yang baik untuk menghemat pengeluaran maintenance di kemudian hari.

Anti Rayap

Keunggulan paling banyak direkomendasikan dari material plafon jenis akustik adalah plafon jenis ini yang anti rayap. Hewan-hewan kecil seperti serangga sejenis rayap dan lain sebagainya, secara otomatis tidak akan mau makan material rockwool

Mampu Meredam Suara

Material rockwool yang menjadi bahan utama pembentuk plafon dari akustik adalah bahan paling bagus untuk meredam suara. Ini menjadi sebuah keunggulan tersendiri sehingga material dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk digunakan pada ruangan yang mengharuskan suara tidak menyebar keluar, seperti studio musik, ruang recording, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai keunggulan seperti ini, maka memang plafon akustik adalah saran yang terbaik buat anda yang sedang membutuhkan material langit-langit. Selain anti rayap, awet dan juga ringan, material ini memiliki nilai estetika yang tinggi untuk interior bangunan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *