Ingin Pasang Wallpaper Anak? Kenali Bahan Pembuat Wallpaper Berikut 

Tertarik untuk memasang wallpaper di dinding kamar anak? Maka pilih wallpaper anak yang tepat, tak hanya dari motif dan warna melainkan juga bahannya. Wallpaper menjadi alternatif yang kerap dipilih untuk mempercantik dinding ruangan. Setiap ruangan dengan sentuhan wallpaper yang tepat, termasuk di kamar anak akan meningkatkan kenyamanan dan keindahannya.

Pasang Wallpaper

Mengenal Jenis-jenis Bahan Pembuatan Wallpaper

Awalnya wallpaper dibuat hanya dari material kertas, namun seiring berjalannya waktu jenis material atau bahannya terus berkembang. Hingga detik ini terdapat banyak bahan pembuatan wallpaper yang memiliki ciri khas dan keunggulannya sendiri-sendiri. Berikut jenis-jenis tersebut:

1. Bahan kertas biasa

Sesuai dengan namanya wallpaper jenis ini terbuat dari kertas murni, keunggulannya adalah mudah dipasang karena mudah merekat dan kuat. Sekaligus pilihan motifnya banyak dengan aneka warna yang bisa disesuaikan selera. Namun bahan kerta yang menyusunnya menjadikan wallpaper ini mudah sobek.

2. Bahan heavy duty paper

Bahan kedua adalah heavy duty yang biasanya cukup tebal, dan jenis material ini mulai berkembang di awal abad ke-19. Terdapat sejumlah brand penyedia wallpaper satu ini yang sangat populer sampai sekarang. Bahkan jenis heavy duty ini adalah salah satu pelopor untuk wallpaper yang bisa dibersihkan ketika terkena noda. Yakni cukup diusap memakai kain basah dan bersih.

3. Bahan vynil

Wallpaper Dinding Bahan vinyl

Apabila memiliki bangunan yang dindingnya cenderung mudah atau sering lembab, maka wallpaper anak anak yang bisa dipilih adalah dari bahan vynil. Bahan jenis ini ketebalannya tidak terlalu namun tidak juga terlalu tipis sehingga kuatnya pas. Kelebihan lain yang dimiliki material ini adalah anti noda, anti lembab, anti debu, dan tidak mudah rusak maupun sobek.

4. Bahan kain

Tak selalu terbuat dari bahan kertas, wallpaper yang tersedia di pasaran juga ada yang terbuat dari bahan kain. Jenis kain yang bisa ditemui dimulai dari yang termahal yakni sutra, ada pula dari kain linen, kain katun, dan kain tenun yang tebal. Tekstur wallpaper jenis ini beragam bergantung jenis kain yang digunakan. Pemasangan idealnya dilakukan oleh tenaga ahli karena harus hati-hati agar tidak sobek dan bernoda. Pemilihan wallpaper ini juga tepat untuk yang menginginkan kesan elegan masuk ke ruang anak-anak.

5. Bahan serat alami

Menjawab kebutuhan untuk memperoleh wallpaper yang praktis sat dipasang dan dirawat maka bisa mengandalkan bahan serat alami. Sering pula disebut sebagai wallpaper fiber alami yang sesuai namanya terbuat dari serat batang tanaman alami. Seperti tanaman bambu, kelapa, dan bahkan daun beberapa jenis tanaman.

6. Bahan foil

Wallpaper Dinding Bahan foil

Ingin kamar buah hati di bagian dindingnya nampak mengkilap? Maka sangat cocok jika menjadikan wallpaper dari bahan foil sebagai pilihan. Kesan mengkilap didapatkan dari lelehan timah di permukaan wallpaper jenis ini. Hanya saja cenderung tipis sehingga jangan heran jika mudah sobek.

7. Bahan beludru

Pada dasarnya wallpaper jenis ini terbuat dari serat wol yang kemudian permukaannya terlihat seperti beludru. Wallpaper ini juga sering dipilih karena bisa menghadirkan sentuhan elegan. Menariknya lagi cocok ditempatkan di ruangan dengan gaya klasik, retro, sampai kontemporer.

Bahan wallpaper yang tepat akan memberi keindahan dan rasa nyaman, karena tak hanya perlu memikirkan cara pemasangan namun juga perawatan. Berbekal ulasan mengenai wallpaper anak dari berbagai bahan di atas, Anda lebih cocok memakai yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *