Begini Cara Desain Kamar Anak Bertema Binatang yang Ramah dan Menyenangkan

Salah satu fungsi desainer interior adalah menghias dan mengatur ruangan atau kamar menjadi tempat yang nyaman menarik dan betah ditinggali. Penempatan dan desain ruangan yang ala kadarnya bahkan cenderung membosankan membuat penghuninya merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan inilah yang membuat penghuninya dapat menurunkan produktivitas dan bahkan stres.

Desain Kamar Anak

Sebuah ruangan baik kantor maupun kamar tidur selayaknya diatur sedemikian rupa demi menjaga kenyamanan penghuninya. Tidak terkecuali kamar tidur anak. Pada dasarnya anak-anak tetaplah manusia yang memiliki emosi dan kesenangan. Kondisi kamar anak yang cenderung membosankan akan membuat anak tidak betah menempati kamarnya. Hal ini akan mendorong anak mencari tempat lain yang menurutnya nyaman. Bisa jadi anak akan lebih menyukai teras atau bahkan dapur jika hal itu dianggap lebih nyaman baginya. Walaupun di sana tidak terdapat wallpaper kamar anak. Untuk mengantisipasi hal ini diperlukan sentuhan interior pada kamar anak.

Cara Desain Kamar Anak yang Nyaman dan Menyenangkan

Desain kamar anak tentu saja berbeda dengan desain kamar atau ruangan orang dewasa pada umumnya. Desain kamar pada anak biasanya didominasi permainan warna dan gambar kartun-kartun yang umum yaitu kartun binatang. Namun demikian, tidak semua gambar kartun binatang cocok untuk kamar anak-anak. Ada hal-hal yang tabu atau bahkan berbenturan dengan sisi keindahan dan kenyamanan pada kamar itu. Misalnya wallpaper kamar anak dengan warna background dan ornamen. Berikut cara-caranya.

1. Warna

Anak-anak sejak kecil dibiasakan memahami warna dengan cara menempatkan benda-benda mainannya atau bahkan hal-hal yang sering dilihat anak dengan warna-warni. Hal ini digunakan untuk melatih sensor indra mata agar dapat mengenali warna secara detail. Jangan gunakan warna monoton atau sedikit warna pada kamar baik kamar belajar maupun kamar tidur. Gunakan warna-warna muda pada kamar tidur. Pada kamar belajar atau kamar bermain gunakan warna-warna solid yang terang. Hal ini digunakan untuk merangsang kreativitas dan semangat belajarnya. Pada kamar tidur anak gunakan warna-warna yang soft atau warna muda untuk lebih membuatnya rileks. Manfaatkan dinding dengan menempatkan wallpaper dinding kamar anak dengan warna muda dan gambar kartun hewan.

2. Wallpaper

Wallpaper Dinding Binatang

Pilihlah gambar-gambar kartun bertema binatang. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengakrabkan anak pada dunia hewan sekaligus menciptakan efek natural pada kamar anak. Gunakan gambar binatang yang ramah dengan karakter ramah misalnya bebek, panda, anak burung, atau binatang-binatang lain yang sekiranya dapat menimbulkan inspirasi. Hindari pemilihan gambar binatang yang bertaring. Gambar binatang bertaring justru mendorong anak untuk lebih bersikap agresif. Wallpaper dinding kamar anak dengan tema binatang yang cenderung lucu dan imut saat ini terjual murah di Greenwall. Wallpaper bertema binatang akan mendorong anak lebih bergairah karena merasa akrab dengan binatang-binatang tersebut dan merasa berada di alam bebas. Hal ini penting untuk membangkitkan kembali imajinasinya sebagai dasar kreativitas.

3. Tata Ruang

Penempatan tata ruang dan benda-benda yang mendukung aktivitas di kamar bermain kamar belajar maupun kamar tidur penting dilakukan. Pilihlah objek yang berbahan plastik atau fiber. Bahan ini di samping kuat juga relatif aman terhadap kemungkinan terjadinya benturan anak dengan benda-benda tersebut. Pada kamar bermain jangan terlalu banyak menempatkan benda-benda yang menyita ruang yang sekiranya dapat menghabat aktivitas bermain. Sedangkan pada kamar belajar, penempatan rak buku sedapat mungkin jangan terlalu besar hal ini akan terkesan memakan ruangan sehingga ruangan terkesan sempit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *